Komplikasi Penyakit Asam Lambung

Komplikasi Penyakit Asam Lambung – Menurut dokter spesialis penyakit dalam, gejala umum dari penyakit asam lambung ini adalah rasa perih yang hebat di lambung dan ulu hati. Karena nyeri tersebut, penderita asma lambung sering merasa mual dan muntah-muntah, bahkan sampai muntah kering.

Pada saat muntah, biasanya asam lambung naik sampai kerongkongan dan menyebabkan perih. Selain itu, dada terasa terbakar dan panas. Gejala asam lambung lainnya sulit menelan, batuk kronis, radang tenggorokan, dan sering sendawa.

Komplikasi Penyakit Asam Lambung

Komplikasi Penyakit Asam Lambung

GEJALA ASAM LAMBUNG

Gejala asam lambung yang biasanya ditunjukkan adalah :

  1. Produksi dari air ludah yang berlebihan
    Hal ini merupakan salah satu tanda awal saat sebelum penderita menyadari bahwa ia menderita penyakit asam lambung. Biasanya air liur ini akan terus diproduksi karena berusaha untuk menetralisir asam lambung yang sedang naik menuju ke tenggorokan.
  2. Sakit kepala
    Gejala asam lambung lainnya adalah sakit kepala karena tekanan dari asam lambung yang terlalu banyak memproduksi angin di dalam lambung dan pada akhirnya menekan dada sampai kepala. Suplai dari oksigen menuju ke kepala akan menjadi semakin sedikit hal ini akan mengakibatkan kepala menjadi pusing. Bahkan bisa juga terjadi jika sudah kronis akan membuat penderitanya mengalami sinusitis karena bau dari lambung yang akan membuat bakteri bisa dengan mudah tumbuh di dalam rongga sinus dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa pusing pada kepala.
  3. Mual dan mulut terasa pahit
    Mulut akan terasa pahit dan membuat penderitanya ingin muntah selesai makan atau juga sebelum makan. Hal ini diakibatkan karena asam lambung naik ke kerongkongan.
  4. Heartburn atau dada panas
    Produksi dari asam lambung yang meningkat akan membuat penderitanya akan merasakan heart burn atau dada terasa panas akibat dari suatu iritasi dan juga tekanan pada angin yang akan terus dihasilkan pada lambung merupakan salah satu gejala asam lambung.
  5. Terasa panas dan juga tidak nyaman saat sedang beristirahat
    Pada penderita penyakit asam lambung, maka biasanya penderita akan merasakan kelelahan dan ingin tidur. Namun biasanya mereka akan cepat terbangun karena merasa panas dibagian dada dan juga dibagian punggung sehingga tidur menjadi kurang pulas dan nyenyak.

Gejala asam lambung yang terjadi pada sebagian orang adalah biasanya mereka akan muntah dan akan mengeluarkan semua makanan yang ada di dalam perut mereka. Mereka akan membuangnya lewat geses yang akan dikeluarkan dengan warna hitam aspal dan rasa sakit yang tidak terkontrol.

PENGOBATAN ASAM LAMBUNG

Penyakit asam lambung naik tidak begitu saja dengan mudah bisa disembuhkan walaupun mereka sudah melalui pengobatan dan juga melakukan pemeriksaan ke dokter dan konsumsi obay-obat untuk mengontrol produksi asam lambung. Jika dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik yang bermanfaat untuk membantu meminimalisir rasa sakit pada perut. Walaupun sakit asam lambung sudah bisa diobati, namun penyakit asam lambung bisa saja kambuh lagi walaupun dengan gejala yang tidak terlalu parah.

Cara mengobati asam lambung yang paling sederhana adalah dengan mengatur pola makan. Dan cara mencegah asam lambung naik bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan kurangilah asupan makanan yang mengandung rasa asam, pedas yang sangat tinggi serta hidarilah kebiasaan yang buruk seperti mengonsumsi kopi, merokok, dan minum-minuman yang mengandung soda atau juga alkohol.

Cara mengobati asam lambung naik sebaiknya jangan minum kopi. Mengapa tidak boleh minum kopi? Karena kopi akan membuat rangsangan produksi dari asam lambung menjadi lebih cepat. Asam lambung memang merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan sebaiknya jangan menganggap remeh jenis gangguan saluran pencernaan terutama lambung, karena jika tidak diatasi dengan baik akan menimbulkan komplikasi penyakit asam lambung.

Selain dengan cara diatas, cara mencegah asam lambung nai adalah :

  1. Hindari stress, karena salah satu penyebab dari penyakit adalah stres yang berlebihan
  2. Hindari rokok, alkohol, minumjan bersoda, dan juga kafein karena sangat mengganggu dan bisa memicu naiknya asam lambung
  3. Makan dengan teratur
  4. Kunyahlah makanan 30 kali sebelum menelannya agar makanan menjadi lebih lembut saat masuk ke dalam lambung
  5. Hindarilah jenis makanan yang menjadi penyebab maag datang.

Jika penyakit asam lambung ini dibiarkan dan tidak diobati segera akan menuai pada komplikasi penyakit asam lambung yang semakin fatal terjadi terutama di daerah kerongkongan, seperti radang, pendarahan, dan penyempitan. Beredarnya cairan di lambung di daerah yang tidak seharusnya juga bisa menyebabkan kesulitan menelan, pencetus asam, batuk menahun. sedangkan komplikasi penyakit asam lambung naik, lambung akan mengalami infeksi, tukak lambung, pembengkak lambung, semakin menurunnya nafsu makan dan hal yang paling fatal adalah kanker lambung.

Itulah informasi mengenai penyakit asam lambung dan komplikasi penyakit asam lambung.

Komplikasi Penyakit Asam Lambung


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Asam Lambung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>