Gejala Naiknya Asam di Lambung

Gejala Naiknya Asam di Lambung  – Lambung memiliki media asam lambung sebagai pengurai makanan agar mudah diserap oleh tubuh. Namun, lambung sering kali menuai suatu gangguan penyakit atau kinerja lambung karena produksi asam lambung yang berlebih.

Gejala Naiknya Asam di Lambung

Gejala Naiknya Asam di Lambung

ASAM LAMBUNG

Asam lambung atau yang dikenal dengan asam hidroklorat (HCL) akan merangsang perut untuk memberikan tanda agar segera mengisi makanan. Namun terkadang pula asam lambung digunakan sebagai suatu sinyal dari akibat konsumsi makanan yan kurang atau berlebih. Asam lambung juga dianggap sebagai penyebab awal timbulnya penyakit maag, karena ketidakteraturan dalam pola makan, sering telat makan, konsumsi makanan yang pedas dan asam yang berlebihan sehingga membuat kandungan asam di lambung mengikis dinding lambung dan akibat yang fatal timbul penyakit maag, maag kronis, tukak lambung, lambung membengkak atau terinfeksi dsb.

Gejala Naiknya Asam di Lambung sangat mudah dirasakan oleh si penderita, penyakit asam lambung mempunyai gejala yang sama dengan penyakit maag. Ketika produksi asam lambung meningkat, umumnya seseorang mengalami gejala tidak nyaman di lambung, rasa nyeri di ulu hati, rasa mual yang terus menerus terjadi, rasa ingin muntah yang terjadi berulang-ulang.

Umumnya penderita asam lambung akan mengalami Gejala Naiknya Asam di Lambung  seperti muntah-muntah yang berulang, sehingga makanan yang ada dalam lambung keluar semua dan menyisakan rasa asam dan pahit di bagian tengah lidah, rasa tidak nyaman di ulu hati, terkadang muntah yang keluar berwarna kuning pucat, kepala sering pusing, tubuh menjadi lemah, kehilangan nafsu makan, berkeringat dan nyeri perut yang hebat seperti diperas. Hal ini menandakan produksi asam lambung naik dan turun dari lambung naik ke kerongkongan kemudian berhenti di ulu hati dan jatuh kembali ke lambung.

GEJALA ASAM LAMBUNG NAIK

Gejala naiknya asam di lambung adalah :

  1. Ketidaknyamanan dibagian ulu hati atau juga dibagian perut atas sebelah kiri
  2. Perut menjadi berangin, dan jika disentuh akan ada suatu benjolan yang keras yang berpindah-pindah
  3. Napas yang pendek atau tidak sampai biasanya lebih sering diartikan sebagai sesak nafas
  4. Rasa mual sampai muntah
  5. Nafsu makan yang menurun
  6. Sakit kepala atau karena pusing

PENYEBAB ASAM LAMBUNG

Gejala asam lambung yang terjadi diakibatkan karena zat yang bisa mengihibisi sekresi asam lambung. Salah satu misalnya adalah karena zat kimia seperti Histamin dan juga Anti Inflamasi non steroid. Selain itu, penyebab gejala asam lambung lainnya adalah karena :

  1. Pikiran tegang
  2. Tidak tenang
  3. Kurang tidur
  4. Telat makan
  5. Kebiasan minum obat yang sifatnya asam saat perut sedang kosong
  6. Minuman yang mengandung alkohol
  7. Merokok
  8. Infeksi bakteri Helicobacter Pylori

Beberapa penyebab diatasi juga bisa menjadi penyebab gejala asam lambung.

CARA MENGOBATI ASAM LAMBUNG

Jika dilihat dari beberapa penyebab gejala naiknya asam di lambung seperti diatas, maka cara mengobati gejala asam lambung bisa dilakukan dengan cara menetralkan asam lambung, kurangi produksi dari asam lambung, dan mengobati infeksi yang terjadi di bagian selaput lendir lambung serta kurangilah rasa sakit yang terjadi yang diakibatkan iritasi selaput lendir atau juga terjadinya kekejangan otot dinding lambung.

Obat asam lambung yang bisa dikonsumsi adalah antasid, anti-histamin, anti-kolinergik, demulcent yang bisa membantu untuk mengurangi iritasi lokal yang terjadi di tukak lambung dan secara fisik bisa membantu melindungi sel-sel yang letaknya dibawah pada suatu kontak dengan iritan yang berasal dari luar. Dan khusus untuk penyakit lambung yang diakibatkan karena infeksi H. Pylori, maka cara mengobati gejala asam lambung ini dilakukan dengan menggunakan obat antibiotika. Cara menyembuhkan asam lambung juga harus dilakukan dengan cara mengatur kembali pola makan menjadi lebih baik untuk penderita maag atau asam lambung maka dianjurkan untuk makan sering namun dengan porsi yang kecil.

CARA MENCEGAH PENYAKIT ASAM LAMBUNG

Beberapa cara dibawah ini yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah asam lambung naik adalah :

  1. Perbaiki pola makan yang bisa memberikan suatu kontribusi untuk menyembuhkan penyakit asam lambung menjadi lebih baik
  2. Makan makanan yang teksturnya lembut dan mudah dicerna seperti nasi lembut\
  3. Makanlah makanan yang mengandung serat yang tidak merangsang
  4. Jangan makan makanan yang terlalu pedas.
  5. Hindari stres, karena stres merupakan salah satu penyebab asam lambung sehingga menimbulkan penyakit maag datang.

Itulah informasi mengenai penyakit asam lambung, gejala naiknya asam di lambung, cara mengobati asam lambung dan cara mencegah asam lambung naik. Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat karena dengan cara seperti ini bukan hanya mengurangi resiko serangan berbagai penyakit namun juga bisa membantu untuk memelihara kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Gejala Naiknya Asam di Lambung


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Asam Lambung and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>